Pages

Jumat, 07 Februari 2014

Bismillah


). Heiii! taukah kalau judul postku hari ini beda dengan biasanya? yupp.. ini lagi galau yakin.. Besok mau ulangan dan apa daya aku ngantuk sangaattt. yess cuma kata "Bismillah" yang akan kumulai malam ini. Semoga  proses belajarku baik dan berhasil . aamiin. 
Pertamaa,aku mau ngasih tau tentang proses masuknya agama hindu dan buddha
Hindu dulu yaaa,jadi gini dulu bangsa arya tuh dateng memasuki india(bangsa dravida). Dia menciptakan sistem kepercayaan yang dikenal dengan agama hindu. Nah kalo agama buddha itu lahirnya begini nih jadi agama buddha ini lahir karena dia gaksuka sama agama hindu yang ada kasta kastanya gitu. Pembawa agama ini adalah Sidharta Gautama. Kitab suci agama buddha itu adalah Tripitaka sedangkan agama Hindu adalah Weda. Nah wedha itu dibagi jadi 4 :
a. Regwedha : isinya syair pujian pada dewa
b. Samawedha : Isinya nyanyian pujian saat melaksanakan upacara regwedha
c. yajurwedha : isinya doa
d. Atharwedha : Isinya mantra untuk sihir dan ilmu ghaib gitu.. 
Oke sekarang tentang candi,jadiii candi yang bercorak hindu itu adalah candi gedongsongo,penataran,prambanan. Kalo yang bercorak budha itu candi mendut,candi borobudur,candi kalasan dan plaosan. 
Kalo tempat ibadahnya sih hindu itu di Pura,kalo Budha di wihara,pasti smeua agama ada yang disembah kan ya? kayak aku kan nyembahnya Allah. Nah,mereka punya juga kalo di Hindu yang disembah itu dewa surya,candra,agni,bayu dan indra. Kalo budha mereka menyembah apa yaaa(?) sidharta gautama kalik?? wkwk 
Hari besar.. yey! agama hindu itu mempunyai hari besar yaitu hari raya nyepi yang diperingati pada tahun baru saka,kalo agama budha hari rayanya yaitu hari raya waisak,biasanya sih jatuh di bulan mei. 

Okee,sekarang aku mau jelasin tentang teori teorinya 
Kalo teori kolonisasi itu menjelaskan kalo proses masuk agama hindu budha itu menekankan peran aktif orang India. Teori ini terdiri dari. 
a. Teori Brahmana : dikemukakan oleh van leur. Dia menolak teori pedagang. Kelemahan dari teori ini adalah adanya larangan meninggalkan tanah air. 
b. Teori Ksatria : Kelemahannya yaitu 

1 komentar: