Pages

Selasa, 04 Februari 2014

Kerajaan pada Masa Hindu-Buddha

1. Kerajaaan Kutai
a. Kehidupan politik
    --> Kerajaan bercorak Hindu pertama di Indonesia yang ada di Sungai Mahakam,Kalimantan Timur. Sumber utama adalah tujuh buah batu tertulis yang disebut yupa. Dari Yupa dapat diketahui,bahra raja yang memerintah adalah Mulawarman,anak Asmawarman,dan cucu Kudungga.  Disebut pula dalam Yupa itu,bahwa raja Mulawarman memberikan 1.000 ekor lembu kepada kaum Brahmana. Selain itu disebut pula bahwa Asmawarman adalah wangsakarta (pendiri dinasti). Raja Mulawarman adalah raja terbesar di kutai dan telah memeluk agama Hindu. 
b. Kehidupan sosial ekonomi
--> Mereka hidup dari pertanian dan peternakan. Di Kutai sering juga dilakukan upacara Asmawedha atau upacara pelepasan kuda untuk menentukan batas wilayah kerajaan. 
c. Aspek Kehidupan Kebudayaan
--> Masyarakat kutai mulai mengena tulisan dan kebudayaan dari bangsa luar karena pengaruh agama hindu. Bukti yang mendukung kesimpulan itu adalah ditemukannya empat batu tertulis dan 3 yupa lagi di daerah aliran sungai mahakam yang memiliki huruf Pallawa dan berbahasa sansekerta. 

2. Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan Hindu tertua di Indonesia terdapat di Jabar. Kerajaan itu bernama Tarumanegara. Dalam berita cina Tarumanegara disebut juga To-lomo . Berdirinya kerajaan Tarumanegara diduga bersama dengan kerajaan Kutai yaitu pada abad ke-5 M. Bukti yang memperkuat pendapat itu adalah ditemukannya 7 prasasti. (P Citarum,Kebon Kopi,Jambu,Pasir Awi,Muara Cianten,Tugu,Lebak)
a. Aspek Kehidupan Politik
--> Diperintah oleh raja Purnawarman. Raja yang cakap dan berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu,rakyat hidup aman dan tentram. 
b. Aspek Kehidupan Budaya
--> 1). Prasasti Ciaruteum: Ditemukan di daerah Ciareteum Jabar. Terdapat bekas tapakan kakiyang menerangkan bahwa sepasang aki tsb milik raja Tarumanegara. 
2). Prasasti Kebon Kopi : Ditemukan di kampung MuaraHill. Tergambar dua tapak kaki gajah yang diidentikkan dengan gajah airwata.
3). Prasasti Tugu : Ditemukan di cilincing. Berisi tentang penggalian saluran air yang diberi nama Gomati. 
4). Prasasti pasir awi dan muara cianten : Belum dapat dibaca. 

c. Kehidupan sosial-ekonomi
--> Sebagai kerajaan Hindu yang beraliran wisnu,Tarumanegara juga menjalankan upacara sedekah dengan menyembelih 1000 ekor sapi yang diserahkan kepada kaum Brahmana.

0 komentar:

Posting Komentar