Pages

Kamis, 12 Desember 2013

Kingdom Plantae

Sudah seminggu inii kayaknya aku ga ngeposting apa-apa. heheu. Sekarang mau bahas tentang Kindom Plantae nih.. simak yaaa.
Sebelum cerita banyak tentang si Plantae aku mau ngenalin ciri cirinya dulu : 
1. Melakukan fotosintesis
2. Bersifat eukariotik
3. Memiliki dinding sel dari selulosa
4. Pada umumnya berklorofil
5. Memiliki akar batang daun.
6. Bereproduksi secara vegetatif dan generatif
Nah,si plantae itu dibagi lagi menjadi 3 yaitu Bryophyta (lumut),Pterydophyta (Paku) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Sekarang aku mau bahas tentang Bryophyta dulu.. 

  • Bryophyta (Lumut)
Kata Bryum yang berarti lumut dan phyta artinya tumbuhan. Adapun ciri-cirinya adalah :
a. Hidup di daerah lembab
b. Belum punya xylem dan floem,sehingga untuk mengangkut zat hara dan hasil fotosintesisnya menggunakan sel parenkim. Akar pada tumbuhan lumut masih berupa rhizoid. 
c. Punya klorofil,sehingga cara hidupnya fotoautotrof.
d. Reproduksi dilakukan secara aseksual (pembentukan spora haploid) dan reproduksi seksual (peleburan gamet jantan dan gamet betina).
e. Dalam siklus hidupnya akan didapati fase gametofit yaitu tumbuhan lumut sendiri yang lebih dominan  dari fase sporofit yaitu sporogonium.

Udah kenal kan sama lumut? eh lumut punya 3 sodara loo yaitu Musci/Bryopsida(lumut daun),Hepaticae (lumut hati), Antocerotaceae (lumut tanduk).
~ Lumut Daun
Dia disebut lumut daun karena pada jenis lumut ini telah ditemukan daun meskipun ukurannya masih kecil. Merupakan jenis lumut yang paling banyak dijumpai. 
Contohnya : Politrychum juniperinum, Furaria, Pogonatum cirratum,dan Sphagnum.
~ Lumut Hati
Lumut ini dapat bereproduksi secara seksual dengan peleburan gamet jantan dan betina,secara aseksual dengan pembentukan gemmae.
Contoh : Marchantia polymorpha.
~ Lumut Tanduk
Dia disebut Lumut tanduk karena morfologi sporofitnya mirip seperti tanduk hewan. Contohnya adalah     Anthoceros laevis.

ooyaa,Bagaimana pergiliran keturunan lumutt???
~ Pada tumbuhan lumut,proses reproduksi baik secara seksual dan aseksual berlangsung melalui suatu proses yang disebut sebagai metagenesis. Dalam metagenesis terjadi pergiliran keturunan antara generasi sporofit (2n) dan generasi gametofit (n).

Sekarang kalian udah kenal kan sama si lumutt,sekarang aku mau ngenalin lagi nih seseorang yaitu Paku!. 
  • Pterydophyta (Tumbuhan Paku)
Ciri-Cirinya :
a. Punya akar,batang dan daun sejati. Oleh karena itu tumbuhan paku termasuk kormophyta berspora.
b. Punya xylem dan floem. 
c. Habitatnya ada yang di darat,perairan serta ada yang hidupnya menempel.
d. Saat masih muda biasanya menggulung dan bersisik.
e. Cara reproduksi aseksual (pembentukan gemmae) dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina.
f. Dalam siklus hidup,terdapat fase sporofit yaitu tumbuhan paku itu sendiri.
g. Punya klorofil sehingga cara hidupnya fotoautotrof.
Sama seperti si lumut tadi,si paku juga punya saudara. Saudaranya antara lain Psilophytinae (paku purba),Lycopodinae (paku rambut),Equisetinae (Paku ekor kuda),Filicinae (Paku sejati),Hydropteridales (Paku air). 

~ Paku Purba

Paku telanjang (tidak berdaun),bersifat homospor,bercabang. Contohnya : Rhynia major,Taeniochrada deeheniana,dll. 

~ Paku Rambut
Punya daun kecil,tidak bertangkai,dan bertulang satu. Daun bentuknya jarum,gabisa fotosintesis,Tumbuhan ini biasa hidup menempel di batang pohon. Contohnya : Lycopodium clavatum (bahan obat-obatan), Lycopodium cernuum (Buket bunga),Protolepidodendron scharynum (paku tertua),dll. 

~ Paku Ekor Kuda 
Paku ini dapat ditemui di tempat yang lembab, Batang bercabang,berkarang,beruas-ruas serta mengandung zat kersik yang dapat dijadikan bahan penggosok. Contohnya : Equisetum.

~ Paku Sejati
Tumbuhan ini sering kita temui loo,karena sering dijadikan taman hias,seperti suplir (Adiantum cuneatum),simbar menjangan,dan paku sarang burung. Tumbuhan ini daunnya lebar dan tulang daun terlihat jelas. Tidak ada perbedaan bentuk daun antara daun steril dengan daun fertil.

~ Paku Air
Seperti namanya paku air,tumbuhan ini hidupnya di air. Bisa kita jumpai di sawah,danau atau pinggiran sungai. Contohnya : Salvinia natans dan Marsilea crenata (semanggi). 


Ga terasa ya,aku udah ngenalin dua temenku yaitu paku dan lumut. eitss,tapi masih ada satu nama yang belum kalian kenal loo. Yaitu tumbuhan berbiji!. Bagaimana tumbuhan berbiji itu? Ayo kita pelajari!.


  • Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
Alat perkembang biakan tumbuhan biji terdapat pada organ bunga atau berupa strobilus. bukan stroberi lo!. Proses penggabungan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina terjadi melalui buluh serbuk sari. Oleh karena itu gan,spermatophyta disebut juga embryophyta siphonogama.  
Tumbuhan biji ini sudah dibedakan secara jelas menjadi akar,batang dan daun. 
Bukan hanya manusia saja lo yang punya geng,si spermatophyta ini juga punya geng lo. Berdasarkan apa geng ini dibentuk? Geng ini dibentuk berdasarkan ada tidaknya lapisan pelindung pada bakal biji. Ada dua geng nih. Yaitu si biji terbuka nama kerennya Gymnospermae dan biji tertutup Angiospermae. 
Si Gymnospermae ini emang deh orangnya terbuka bangett,pantas saja namanya si biji terbuka. 
Si Gymnospermae daunnya kebanyakan kaku dan sempit . ada yang berbentuk jarum,pita ,dan adapula yang bertulang daun menyirip. Bunganya umumnya ga punya mahkota. 
Oyaa,si gymnospermae ini punya 4 anak loo. Namanya Cycadinae,Ginkyoinae,Coniferae,dan Gnetinae. Susahsusah ya ?

Okehh kita akan berkenalan sama anak pertama dulu,yaitu si Cycadinae. Aku kasih ciri fisiknya yaa.. Tubuhnya berkayu,Mirip palem dan tidak bercabang,Sporofil tersusun dalam strobilus berumah dua. Strobilus jantan sangat besaar,tersusun oleh sporofil berbentuk sisik dan banyaak mikrosporangium.. Strobilus betina berupa sisik dengan dua bakal biji. Kelas ini punya satu bangsa yaitu cycadales dan satu suku cycadaceae. Contohnya adalah pakis haji (Cycas rumphii dan Dioon sp.)

Sekarang cuss ke anak ke dua, namanya agak ke jepang-jepangan. Yaitu si Ginkyoinae. Kelas ini punya anggota berupa pohon dioceus ,punya tunas panjang dan pendek. 
Masuk ke anak ke 3 yaitu Coniferae . Arti dari nama ini adalah kerucut yang mendukung. Sungguh saya tidak mengerti apa maksutnya -___-. Anggotanya punya semak,perdu atau pohon. Punya daun berbentuk jarum sehingga sering disebut pohon jarum. Tumbuhan ini berumah dua tapi ada juga yang berumah satu.
Dan yang keempat adalah anak bungsu namanya agak ke jerman-jermanan. mungkin dia lahir di Jerman ? Namanya yaitu Gnetinae. Langsung ke fisiknya aja yaa. Dia punya batang berkayu,berkelamin tungga; *iyalahpasti, pembuahan terjadi melalui pembentukan buluh serbuk sari. Kelas ini terdiri dari 3 ordo yaitu ordo Ephedrales,Gnetales, dan ordo Wewitschiales.


Tadi udah bahas yang terbukaterbukaaa ,sekarang saatnya bahas yang tertutuptertutupp. kayak akyu gini nih.. 
Angiospermae berasal dari bahasa Yunani. Angieo = botol,spermae : biji. Nah si angiospermae ini punya biji yang dilindungi bakal buah (ovarium),Batangnya dapat berupa tumbuhan berkayu atau berbatang basah,Punya bentuk dan susunan bunga bermacam-macam. Angiospermae juga punyaa anak lo speerti si Gymnospermae. Tapi si Angiospermae hanya di karunai dua anak namanya Monocotyladoneae dan Dycotiladoneae. 
Ini segmen terakhir aku bahas tentang Plantae.. Aku mau ngasih ciri-cirinya si monokotil dan dikotil . Inii yaaaa
a. Ciri Umum Tumbuhan Monokotil

--> Bijinya punya satu daun lembaga yang berguna untuk menyerap zat makanan dari endosperma pada saat biji berkecambah,Daunnya tunggal dan punya tulang daun sejajar dan punya sistem akar serabut,Batang ga bercabang,Punya buku-buku beruas dengan jelas,Batang dan akarnya ga berkambium sehingga tidak mengalami pertumbuhan sekunder.
b. Ciri Umum Tumbuhan Dikotil
--> Saat biji berkecambah,biji punya dua daun lembaga yg terbelah jadi dua bagian,Bagian bunga berkelipatan 2,4,5, Daunnya tunggal/majemuk,Tulang daun menjari/menyirip,Punya sistem akar tunggang,batang bercabang dengan buku beruas gajelas,berkambium sehingga mengalami pertumbuhan sekunder. 

0 komentar:

Posting Komentar