Pages

Jumat, 20 Desember 2013

Kritik dan Humor dalam Layanan Publik

Haii! Hari ini adalah hari penerimaan rapot. Kalo ditanya rasanya gimana. Tumben banget kali ini ga deg-degan kayak pas SMP dulu. Yaa semoga saja hasilnya bagus,bisa buat bangga bapakibuk daaan apapun hasilnya nanti semoga aku masih tetep bersyukur. aamiin
Kali ini aku mau posting tentang pelajaran bahasa indonesia. Ga pernah kan ya aku posting pelajaran ini? Maka dari itutuh. 
Sebelum bahas tentang layanan publik,aku mau ngasih kata kuncinya dulu nih biar nanti ngga kesulitan kalo ketemu kata-kata ini. 
1). Pelayanan Publik : Kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang,jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. 
2). Penyelenggara Pelayanan Publik : Setiap institusi penyelenggara negara,korporasi,lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik. 
3). Pelaksana Pelayanan Publik : Orang yang bekerja di dalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik.

Nah,itu tadi kata kuncinya. Oyaa,layanan publik itu sering mendapat kritik atau menjadi bahan lelucon yang membuat gelak tawa. Kritik atau lelucon tadi dapat disampaikan dengan anekdot. Apa sih anekdot itu? 
Anekdot itu cerita singkat yang menarik. Karena apa? Karena lucu dan mengesankan,biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Ada pengertian lain nih tentang anekdot bahwa anekdot itu dapat merupakan cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat. Yang menjadi partisipan di dalamnya pun tidak harus orang penting. Selain itu,teks anekdot juga dapat berisi peristiwa yang membuat jengkel atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya. 
~ Anekdot itu terdiri dari 5 bagian. yaitu abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,koda. Apa saja itu?Inih penjelasannya
a. Abstraksi : Bagian di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya hal ini menunjukkan hal unik yang akan ada dalam teks. 
b. Orientasi : Bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detail di bagian ini. 
c. Krisis : Bagian dimana terjadi hal/masalah yang unik yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
d. Reaksi : Bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul dari krisis tadi. 
e. Koda : Bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis. 

Apa saja nih ciri-ciri dari teks anekdot? 
a. Menggunakan kata konjungsi
b. Menggunakan majas
c. Memiliki pertanyaan retoris
d. Menggunakan kata seru
e. Menggunakan kalimat perintah


0 komentar:

Posting Komentar